08119322626/27   gapmmi@cbn.net.id  

×

Rapat Kerja Gapmmi 2021 “ Gapmmi Perkuat Peran Dalam Pemulihan Ekonomi Nasional “

RAPAT KERJA GAPMMI 2021 “ GAPMMI Perkuat Peran dalam Pemulihan Ekonomi Nasional “

Sebagai salah satu kewajiban menjalankan program organisasi, GAPMMI di awal tahun 2021 melaksanakan Rapat Kerja dengan mengambil tema “GAPMMI Perkuat Peran dalam Pemulihan Ekonomi Nasional” yang diselenggarakan pada Jumat, 15 Januari 2021 secara virtual dikarenakan masih dalam situasi pandemi COVID-19.

Jika melihat ke belakang, di awal pandemi COVID-19, GAPMMI aktif berkontribusi dalam mendukung penanganan pandemi. GAPMMI melalui anggotanya telah memberikan bantuan untuk tenaga medis di garda depan berkoordinasi dengan BNPB. GAPMMI juga telah membuat edaran ke anggotanya agar senantiasa menjalankan bisnisnya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat sebagaimana anjuran pemerintah. Peran aktif GAPMMI memberikan masukan ke pemerintah bersama asosiasi lain: Kadin & APINDO yang kemudian direspon dengan keluarnya Izin Operasional dan Mobilitas Kegiatan Industri (IOMKI) untuk perusahaan industri dan perusahaan di kawasan industri. Pendekatan lainnya juga telah membuahkan hasil dengan dikeluarkannya beberapa kebijakan guna mendukung keberlangsungan industri dan meminimalisir dampak pendemi yang menghantam sektor industri mulai yang besar sampai UMKM.

Tentunya, GAPMMI sangat mengapresiasi pemerintah beserta seluruh jajaran di kementerian terkait yang bersama dapat memahami kondisi saat ini. Dengan mulainya program pemulihan ekonomi, tentunya perlu didukung dan diperkuat agar kontraksi ekonomi segera kembali ke jalurnya. Apalagi industri pangan merupakan salah satu sektor yang masih bisa tumbuh positif dibandingkan sektor lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua Umum GAPMMI, Adhi Lukman menyampaikan arahan umum kepada peserta raker agar tahun 2021 program kerja fokus ke beberapa hal sebagai berikut:

  1. Advokasi pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional
  2. Mengawal RPP/Perpres/Permen UU Cipta Kerja serta menghilangkan hambatan berusaha
  3. Kegiatan-kegiatan Quick Win yg berdampak signifikan bagi industri pangan
  4. Penguatan organisasi
  5. Fasilitasi capacity building & fasilitasi market access
  6. Memaksimalkan Website GAPMMI dan Pusat Konsultasi
  7. Pertemuan anggota (update regulasi) dan CEO

Hal ini sebagai salah satu komitmen GAPMMI sebagai mitra pemerintah khususnya mewakili sektor industri pangan di Indonesia untuk siap mendukung kebijakan dan arahan pemerintah yang sedang dan dalam upaya serius memulihkan sendi-sendi perekonomian nasional yang terdampak oleh pandemi COVID-19. GAPMMI menganggap pentingnya keterlibatan sektor swasta dalam berkolaborasi dengan program pemerintah.