08119322626/27   gapmmi@cbn.net.id  

×

Indonesia Spice Up The World Ramaikan Trade Expo Indonesia 2024

Indonesia Spice Up The World Ramaikan Trade Expo Indonesia 2024

GAPMMI mengajak UMKM yang tergabung dalam program nasional Indonesia Spice Up The World (ISUTW) berpartisipasi dalam Trade Expo Indonesia 2024 untuk mempromosikan produknya kepada seluruh buyer yang berkunjung. Adapun yang bergabung dalam pavilion ISUTW adalah Selaras Rasakoe (bumbu rempah bubuk), Billiton Spice (lada), Rendang Uni Tutie (aneka olahan rendang & bumbu rendang), AllCo (olahan kelapa), Heavenly Nest (olahan sarang burung wallet). Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan, menyempatkan singgah di Paviliun ISUTW dan menyampaikan apresiasinya kepada  seluruh UMKM GAPMMI.

Trade Expo Indonesia (TEI) 2024 mampu mencatatkan transaksi mencapai USD 22,73 miliar. Nilai transaksi tersebut terdiri atas transaksi barang dan jasa senilai USD 19,59 miliar serta transaksi investasi senilai USD 3,04 miliar. Nilai tersebut melampaui target transaksi yang ditetapkan, yaitu USD 15 miliar. TEI ke-39 diikuti sebanyak  1.460  pelaku bisnis dengan jumlah pengunjung  mencapai  41.488  orang  dari  140  negara,  dan  jumlah  buyer mancanegara  sebanyak  8.042 buyer.

Sementara negara  dengan  transaksi  terbesar  selama  TEI-ke  39  adalah  India  dengan  catatan  transaksi sebesar  USD  7,46  miliar  dengan  persentase  37,91%,  Vietnam  USD  3,67  miliar  (18,64%); Belanda USD 2,76 miliar (14,03%); Filipina USD 2,25 miliar (11,46%); serta Mesir USD 623,40 juta (3,17%).

Adapun produk paling diminati selama TEI tahun ini di antaranya batu bara dengan  capaian transaksi senilai USD  7,34  miliar  dengan  persentase  37,29%;  baja  USD  2,72  miliar  (13,85%);  minyak kelapa sawit (CPO) dan turunannya USD 1,76 Miliar (8,94%); logistik sebesar USD 1,66 miliar (8,41%); serta kertas USD 1,05 miliar (5,34%).

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengapresiasi seluruh pihak yang berkontribusi dalam  kesuksesan  TEI  2024. Apresiasi diberikan di antaranya kepada para pelaku usaha dan eksportir, Duta Besar RI, Konsul Jenderal, Duta Besar WTO, Atase Perdagangan, Indonesia Trade Promotion Center (ITPC), Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taiwan, buyers yang sudah menjadi mitra dekat selama ini dan juga buyers baru, Pemerintah Daerah, PT Bank Mandiri, Pertamina, Privy, Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), serta para sponsor.